Artikel

DUKUNGAN BBLM YOGYAKARTA DALAM EVALUASI REFORMASI BIROKRASI

    Dibaca 9 kali

          BBLM Yogyakarta pada tanggal 12 Oktober 2018 menjadi lokasi uji petik Tim Evaluasi Reformasi Birokrasi yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) dalam lingkup Kemendesa, PDTT. Hadir dalam acara ini Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan 2 KemenPAN RB, Ketua Tim Evaluasi Kemenpan RB, Kepala Biro Hukum dan Ortala Kemendesa PDTT, Inspektur I Inspektorat Jenderal Kemendesa PDTT, PIC RB Kemendesa PDTT, Tim RB Kemendesa PDTT,  Kepala BBLM Yogyakarta beserta pejabat dan seluruh pegawai di Lingkungan BBLM Yogyakarta.

          Sebagai ujung tombak pelaksanaan program Kemendesa PDTT, BBLM Yogyakarta berperan aktif dalam menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat desa, yaitu dengan memberikan pelatihan yang berkualitas sebagaimana ikon BBLM Yogyakarta yaitu SEMAR (Simpatik, Empati, Manusiawi, Akrab dan Ramah). Hal ini sesuai dengan keinginan pendiri Bangsa Indonesia ini yang menginginkan ekonomi kerakyatan yang kuat.

          “Sebuah apresiasi dan penghargaan yang tinggi bagi BBLM Yogyakarta menjadi kandidat dalam Evaluasi Reformasi Birokrasi khususnya sebagai pelaksana teknis Kementerian Desa PDTT yang ada di daerah. Merupakan peluang dan tantangan bagi BBLM Yogyakarta untuk memberikan yang terbaik dan berjuang untuk mempertahankan penghargaan dalam capaian kinerja yang telah kami capai” Erlin Chaerlinatun, Kepala BBLM Yogyakarta dalam pemaparannya.

          Pelaksanaan Evaluasi Reformasi Birokrasi adalah untuk melakukan perbaikan manajemen internal, mengupayakan sumberdaya manusia yang profesional, proses yang lebih efektif sehingga dapat menghasilkan pelayanan yang terbaik dalam hal pelatihan masyarakat. “Reformasi birokrasi mengefektifkan pelaksanaan tugas dengan penataan di area perubahan yang terukur dengan terobosan berbagai inovasi sehingga pelaksanaannya lebih efektif, efisien, akuntabel dan ekonomis. Mewujudkan birokrasi yang bersih dan bebas korupsi”. Penjelasan Nadimah, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan 2 KemenPAN RB.

          Dalam kesempatan ini, Tim Evaluasi Reformasi Birokrasi juga melakukan penanaman Pohon Jambu Darsono, panen telor ayam dan puyuh, serta melihat langsung Lahan Praktik Karang Tumaritis BBLM Yogyakarta yang dikelola dengan konsep “Biocyclo Farming”, yaitu pemanfaatan optimal dan keterpaduan pertanian, peternakan dan perikanan.

Semoga Salam APIK dan Salam SEMAR...!