Artikel

Pelaksanaan Evaluasi awal RB oleh Tim Assesor dan Counterpart di 3 (tiga) Balai

    Dibaca 116 kali Reformasi Birokrasi

     Reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur. Reformasi Birokrasi yang sudah berjalan di KDPDTT tidak hanya pada level pusat, namun RB juga harus dilakukan pada level kepanjangan tangan kita (organisasi di daerah) seperti Balai Latiahan Masyarakat yang melakukan pelalayanan langsung kepada masyarakat. RB di daerah (Balai) hanya mencakup 6 Area Perubahan diantaranya (1). Area Tata Laksana, (2). Sumber Daya Aparatur, (3). Pengawasan, (4). Akuntabilitas, (5). Pelayanan Publik, dan (6). Budaya Kerja Aparatur. 

      Reformasi Birokrasi sebagaimana Perpres No. 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025. Pelaksanaan RB pertama-tama harus dilakukan di K/L Pusat dimulai  tahun 2010-2019 harus selesai pada tahun 2019 inilah yang menjadi target RB oleh Kementerian PAN dan RB sebagai Nahkoda Birokrasi. sedangkan untuk Lembaga di Daerah mulai dicanangkan pada tahun 2019-2025. walaupun ada beberapa daerah yang sudah melakukan penerapan RB bagi pegawaina sebelum penerapan RB resmi dilaksanakan, hal ini untuk mempersipakan dan mematangkan program RB secara nasional. 

      Oleh karena itu K/L pusat yang mempunyai kepanjangan tangan di daerah harus juga mempersiapkan pelaksanaan RB yang makasimal agar mendapatkan nilai yang maksimal pula pada saat penilaian resmi oleh KemenPAN RB, seperti yang saat ini sudah dilakukan oleh Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi terhadap 3 (tiga) Balai yang ada di daerah. tim dari Kemendes Pusat memberikan materi dan panduan pengisian Lembar Kuesioner Evaluasi RB, Di Yogyakarta langsung di pimpin oleh Itjen I, di Makassar dihadiri juga oleh Sekreatris Jenderal Kementerian dan SesItjen serta Sekretaris Balilatfo, dan untuk di Denpasar di hadiri langsung oleh Plt. Irjen.