Artikel

Sosialisasi Permen PAN dan RB No. 20 Th 2018 ttg Pedoman Evaluasi Kelembagaan Instansi Pemerintah

    Dibaca 82 kali

 

        Sosialisasi Permen Pan dan RB No. 20 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Kelembagaan Instansi Pemerintah yang dilaksakan pada hari kamis 2 Agustus 2018 di Hotel AONE Jakarta Pusat. Acara sosialisasi dibuka oleh Bapak Anwar Sanusi sebagai Sekretaris Jenderal KDPDTT, yang menjadi narasumber Bapak Ngalimun (Kepala Bidang Penyiapan Kebijakan Kelembagaan, Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Negara, Kementerian PAN dan RB) serta didampingi oleh satu orang staff sebagai operator dalam pengisian kuesioner evaluasi. Sosialisasi dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing UKE I dan UKE II KDPDTT.

          Evaluasi kelembagaan Instasi Pemerintah dimaksudkan untuk dijadikan landasan bagi instansi pemerintah dalam memperbaiki, menyesuaikan, dan penyempurnaan  struktur proses organisasi yang sesuai dengan lingkungan strategisnya. Tujuan evalusai kelembagaan; (1) Tercapainya visi dan misi Kementerian melalui dukungan organisasi yang tepat fungsi, tepat ukuran, tepat proses. (2) Mendapatkan gambaran yang utuh peran kementerian dalam penyelenggaraan mandat organisasai. dan (3) Terwujudnya dukungan organisasi yang tepat fungsi, tepat ukuran dan tepat proses, tidak terfragmentasi, dan memiliki ketepatan differensiasi bagi Kementerian/ Lembaga (K/L).

          Amanat dari sosialisasi tersebut adalah bahwa setiap Kementerian harus mengisi kuesioner (63 pertanyaan dan 11 Essay), Kementerian KDPDTT 10 (9 UKE I dan 1 Kementerian). Evaluasi kelembagaan merupakan salah satu unsur penilaian reformasi birokrasi dalam kerangka area manajemen penguatan organisasi.